| 9 comments ]

Tidak masalah seberapa besar batas maksimum memory HP anda. Anda bisa memasang memory sebesar yang anda mau. Anda sekarang bisa jadikan HP anda menjadi MP3 atau VIDEO player yang bisa menyimpan 1000-an lagu, dan puluhan DVD.


Jika anda membaca di spesifikasi HP biasanya tertera "extendable memory" sampai beberapa GB (Giga Byte) saja. Tapi sebenarnya ada cara yang paling simple, dan mudah untuk memperbesar batas maksimal memory card anda.

Syaratnya anda juga harus punya meory card dengan kapasitas yang kecil, semakin kecil semakin baik (contohnya: 16 Mb) kalau anda tidak punya, anda boleh pinjam sebentar.

Sebelum saya mulai turorial yang pasti simple, saya jelaskan dulu pengalaman saya menemukan trick ini. Sebelum anda menghabiskan uang anda sia-sia untuk membeli memory card yang baru, dan ahirnya tidak terpakai. Dan setelah anda membaca tentang experiment saya dan anda tidak yakin, lupakan saja trick yang saya buat ini.

Waktu itu saya pernah punya HP Nokia N-Gage (yang sekarang sudah hilang, dicopet. Saya mengucapkan trima kasih pada sang pencobet, karena dia, saya jadi beli HP yang baru :) )
Nah, Seperti yang tertera, N-Gage hanya mempunyai kapasitas maksimum 256 Mb, tapi menurut saya memory tersebut tidak cukup besar untuk menyimpan koleksi Game saya + MP3 file. Kemudian saya coba paksakan dan hasilnya; Game saya Chopping (patah-patah + hang) MP3 player loading nya lama sekali.
Tapi setelah saya temukan trik ini saya berhasil menggunakan 1 GB yang menyipan beberapa DVD (yang sudah saya convert ke *avi. menggunakan SMART MOVIE yang bisa download software converter dan player nya disini, kusus untuk HP symbian) kemudian puluhan games serta MP3.
Nah begini caranya:

  1. Siapkan Memory card yang berkapasitas kecil (kalau tidak punya boleh pinjem dulu ke teman).
  2. Siapkan Memory card anda yang berkapasitas besar.
  3. masukan Memory card yang berkapasitas kecil kedalam HP anda
  4. Lakukan format pada Memory Card yang berkapasitas kecil tadi.
  5. Setelah selesai, Copy semua File yang ada di Memory Card yang telah selesai di format, ke dalam computer anda (copy semua folder termaksuk yang "hiden")
  6. Format Memory Card yang baru di computer anda. (BUKAN DI HP!)
  7. Pindahkan file dan folder yang telah anda copy ke computer tadi (langkah no.5) kedalam Memory Card yang berkapasitas besar yang telah anda format.
  8. Selesai. Anda bisa menggunakan memory card baru anda!
Penjelasan:
Mengapa trick ini bisa bekerja? Karena file system yang anda masukan ke dalam Memory Card yang berkapasitas besar itu adalah berasal dari file system Memory card yang berkapasitas kecil. Jadi kesimpulanya, HP anda akan membaca system file yang berkapasitas kecil tadi, bukan Memory yang berkapasitas besar.

Trik ini sudah saya uji coba beberapa kali di HP saya, termasuk di HP teman saya.

GOOD LUCK ;)


9 comments

Heri said... @ May 20, 2009 at 12:19 AM

keren...
tapi sayang hp gw java... T__T

Tipspack said... @ May 20, 2009 at 12:26 AM

@ Kucing Buntet
Trick nya bisa dipakai juga buat HP yang pake OS Java. (yang kusus buat symbian cuma "Smart Movie nya". :16

Linda said... @ May 20, 2009 at 3:43 PM

keren infonya...
makasih sob...^^

Andie said... @ May 20, 2009 at 7:41 PM

wah,
kirain tips nya kayak di blogku yah.?
huehehhe.
tapi berguna juga tuh.
nice post lah.
hehehe :D

ALICE -- NINE said... @ July 19, 2009 at 7:55 AM

KEREN BANGET DAH NIH TIPS SALUT BANGET SAMA BLOGGERNYA

ALICE

NINE -- RAINBOWS


KATALOG BUKU AGUS MUSTOFA

Blog Kesuksesan Hidup said... @ July 29, 2009 at 7:36 PM

Terima kasih atas triknya :)

Blog Kesuksesan Hidup said... @ July 29, 2009 at 7:38 PM

Informasi yang sangat menarik dan bermanfaat... Ditunggu info menarik dan bermanfaat lainnya :)

Tetaplah berbagi...

Sukses Selalu...

Unknown said... @ August 17, 2013 at 5:26 AM

mantapppppp,...termahkasih banyak dengan infonya.saya sudah pusing cari trik memasang 2 giga di n gage saya...belum ada yang berhasil.dengan info anda saya puassssss.gak perlu beli memory yang mahalll.jaya selalu.

Unknown said... @ August 17, 2013 at 5:26 AM
This comment has been removed by the author.

Post a Comment